• 15+

Punthuk Setumbu

Kota Magelang, Jawa Tengah

 Alamat 
Jl.Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553, Indonesia
 Rating  
4.5
(5.061)50615

Punthuk Setumbu adalah salah satu tempat wisata di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Terletak di Jl.Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553, Indonesia sekitar ±14.80 Km dari Kantor Walikota Magelang.

Bukit Punthuk Setumbu adalah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dari tempat ini wisatawan juga bisa melihat kemegahan Candi Borobudur.

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit setinggi kurang lebih 350 meter dpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Dulunya tempat ini merupakan ladang penduduk. Namun setelah seorang fotografer mengabadikan gambar matahari terbit berlatar Candi Borobudur yang begitu indah dari tempat ini, orang-orang pun berdatangan untuk mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan matahari terbit.

Wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Borobudur di saat fajar disarankan untuk tiba di tempat ini sebelum pukul 05.00 WIB. Dari parkiran yang ada di kaki bukit, wisatawan harus berjalan sekitar 15 menit untuk mencapai puncak dengan rute berupa jalan tanah. Bagi yang tidak kuat berjalan hingga puncak, tidak jauh dari tempat parkir terdapat gazebo untuk wisatawan menyaksikan Borobudur dari kejauhan.

Puncak Punthuk Setumbu berupa pelataran luas yang dikelilingi pagar pembatas. Di tempat ini terdapat rumah panggung, gazebo dan kursi-kursi kayu yang bisa digunakan duduk menanti mentari terbit. Meskipun perjalanan di pagi hari sedikit melelahkan, namun hal tersebut akan terbayar saat menyaksikan keindahan kabut menyelimuti Candi Borobudur yang perlahan terangkat naik dan mentari yang muncul dari balik gunung dengan malu-malu.

Bagi wisatawan maupun fotografer yang ingin mengabadikan matahari terbit dari Punthuk Setumbu ini, waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat musim kemarau yaitu sekitar bulan Juni hingga September. Pada bulan-bulan ini matahari dapat terlihat dengan jelas tanpa diselimuti mendung sehingga bisa mendapatkan momen yang indah. Selain itu perjalanan menuju bukit tidak becek seperti saat musim hujan. Sedangkan jika ingin memotret Candi Borobudur berselimutkan kabut, pengunjung bisa datang kapan saja.




Loading interface...




Loading interface...