• 12+

Ujung Genteng

Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Status Covid-19
Kabupaten Sukabumi termasuk wilayah yang memiliki RESIKO RENDAH untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 6 September 2020)
 Alamat 
Jl. Ujung Genteng, Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat 43176, Indonesia
 Rating  
4.4
(1.486)14865

Ujung Genteng adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Terletak di Jl. Ujung Genteng, Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat 43176, Indonesia sekitar ±82.86 Km dari Kantor Bupati Sukabumi.

Ujung Genteng adalah kawasan wisata alam yang berlokasi di kawasan Sukabumi, di Jawa Barat. Di kawasan ini Anda dapat menemukan berbagai wisata alam, seperti air terjun dan pantai. Salah satu tempat wisata yang paling populer di kawasan ini adalah Pantai Ujung Genteng. Pantai dengan pemandangan sunset yang mempesona ini benar benar indah, apalagi dipadukan dengan warna pasirnya yang masih putih bersih. Selain Pantai Ujung Genteng di kawasan ini juga terdapat berbagai objek wisata lain yang tak kalah populer, diantaranya adalah Pantai Pengumbahan. Jika Anda bandingkan dengan macam-macam pantai yang lain di kawasan Ujung Genteng, memang pantai Pengumbahan memiliki kelebihan tersendiri, yakni pantainya masih sepi dari pengunjung. Ini merupakan kesempatan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai tanpa harus terganggu dengan ramainya wisatawan.

Walaupun sepi, bukan berarti pantai Pengumbahan ini adalah pantai yang jelek. Di sini bahkan pasirnya lembut, tak ada batu karang, dan juga pantainya bebas dari sampah. Yang cukup unik dari pantai Pengumbahan yakni Anda bisa melihat induk penyu bertelur. Tetapi ingat Anda harus menjaga keseimbangan ekosistem di sana ya! Jangan sekali-sekali mencuri telur penyu tersebut!

Di pantai Pengumbahan terdapat pos pengamatan sebanyak 6 buah, yang bertujuan mengamati aktivitas dari induk penyu saat bertelur. Nah, Anda dapat melihat dari pos tersebut. Selain pantai Pengumbahan juga ada pantai Cipanarikan yang tidak kalah indah. Di pantai ini Anda dapat melihat hamparan pasir putih membentang luas.

Di pantai ini juga dekat dengan hutan lindung. Sama seperti pantai Pengumbahan, di sini juga masih sepi wisatawan, jadi pantainya masih terjaga keasriannya dan terlihat sangat bersih.

Lalu apakah ada yang unik dari pantai Cipanarikan? Ada kok! Di mana pantai Cipanarikan merupakan tempat air laut bertemu dengan aliran sungai Cipanarikan. Alasan masih sepi mungkin karena untuk bisa tiba di pantai Cipanarikan ini tidak mudah, di mana Anda harus menelusuri hutan lindung terlebih dahulu.

Pantai Cipanarikan juga merupakan spot yang cocok bagi Anda yang ingin melihat cantiknya matahari terbenam. Masih di kawasan Ujung Genteng Sukabumi, Anda juga dapat menyempatkan diri untuk berkunjung ke pantai yang namanya cukup unik ini, pantai Tenda Biru.

Di sini Anda dapat melihat pemandangan pantai yang sangat bersih dan mempesona. Air lautnya pun juga sangat jernih, warna pasir pantainya putih bersih.

Tetapi Anda jangan macam-macam di pantai Tenda Biru, karena pantai ini termasuk ke dalam daerah hutan lindung, dan dipantau oleh TNI AL!

Untuk ke pantai Tenda Biru, Anda akan dikenakan tiket masuk lagi. Harga tiket masuknya sangatlah murah, yakni Rp 5.000,00 saja.

Yang unik dari pantai Tenda Biru adalah saat air laut surut, Anda bisa berjalan-jalan ke tengah pantai hingga 300 Meter jauhnya. Tetapi memang ada kelemahan dari pantai Tenda Biru, di sini wisatawan yang berkunjung agak kurang bertanggung jawab dan masih sering membuang sampah sembarangan. Sehingga sekarang ini panorama pantai Tenda Biru sudah terganggu dengan polusi sampah berserakan tersebut. Di kawasan wisata Ujung Genteng juga ada air terjun alami, yang bernama Curug Cigangsa. Lokasi Curug Cigangsa sendiri ada di kawasan Dusun Batusuhunan, Kec Surade, Sukabumi.

Source: tabloidwisata.com




Loading interface...

Belum ada ulasan



Loading interface...