• 12+

Taman Sukasada Ujung

Kabupaten Karangasem, Bali

Status Covid-19
Kabupaten Karangasem termasuk wilayah yang memiliki RESIKO SEDANG untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 18 Oktober 2020)
 Alamat 
Desa Ujung, Jl. Raya Taman, Tumbu, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali 80811, Indonesia
 Rating  
4.6
(2.924)29245

Taman Sukasada Ujung adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Terletak di Desa Ujung, Jl. Raya Taman, Tumbu, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali 80811, Indonesia sekitar ±17.82 Km dari Kantor Bupati Karangasem.

Taman Ujung atau Taman Sukasada, adalah sebuat taman di banjar Ujung, desa Tumbu, kecamatan Karangasem, Karangasem, Bali. Taman ini terletak sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Amlapura. Pada masa Hindia Belanda tempat ini dikenal dengan nama Waterpaleis atau "istana air". Dalam Taman ini terdapat 3 kolam besar yang berada dalam satu tempat, hanya letak kolam dipisah-pisah. 1 kolam berada di bagian selatan dan 2 kolam berada di bagian utara. Taman ini merupakan salah satu tempat favorit calon pengantin untuk melakukan foto pre wedding. Baik calon pengantin orang Bali atau dari daerah lain di Indonesia.

Arsitektur saat ini tidak seperti aslinya. Hal ini dikarenakan terjadi berbagai peristiwa sejarah, membuat arsitektur mengalami kerusakan. Seperti pada peristiwa penjajahan Jepang di Bali, Pagar besi digunakan untuk senjata berperang oleh masyarakat sekitar. Kerusakan terparah terjadi pada tahun 1963, pada saat gunung Agung (gunung tertinggi di Bali) meletus. Semenjak saat itu, taman Ujung atau taman Sukasada ini, tidak mendapat perawatan. Pada tahun 2000, puri Karangsem dan pemerintah kabupaten Karangasem melakukan perbaikan tanpa merubah bentuk asli dari taman tersebut.




Loading interface...

Belum ada ulasan



Loading interface...