• 15+

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Status Covid-19
Kabupaten Cianjur termasuk wilayah yang memiliki RESIKO RENDAH untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 13 September 2020)
 Alamat 
Jl. Raya Cibodas, Cipanas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253, Indonesia
 Rating  
4.7
(3.323)33235

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Terletak di Jl. Raya Cibodas, Cipanas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253, Indonesia sekitar ±72.09 Km dari Kantor Bupati Cianjur.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) adalah salah satu taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Ditetapkan pada tahun 1980, taman nasional ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. TN Gunung Gede Pangrango terutama didirikan untuk melindungi dan mengkonservasi ekosistem dan flora pegunungan yang cantik di Jawa Barat. Dengan luas 24.270,80 hektare, wilayahnya terutama mencakup dua puncak gunung Gede dan Pangrango beserta tutupan hutan pegunungan di sekelilingnya.

Kawasan Gede-Pangrango juga dikenal sebagai salah satu tempat favorit dan tertua, bagi penelitian-penelitian tentang alam di Indonesia. Menurut catatan modern, orang pertama yang menginjakkan kaki di puncak Gede adalah Reinwardt, pendiri dan direktur pertama Kebun Raya Bogor, yang mendaki G. Gede pada April 1819. Ia meneliti dan menulis deskripsi vegetasi di bagian gunung yang lebih tinggi hingga ke puncak. Reinwardt sebetulnya juga menyebutkan, bahwa Horsfield telah mendaki gunung ini lebih dahulu daripadanya; akan tetapi catatan perjalanan Horsfield ini tidak dapat ditemukan.

 

Sumber: Wikipedia




Loading interface...

Belum ada ulasan



Loading interface...