• 15+

Situs Gunung Padang

Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Status Covid-19
Kabupaten Cianjur termasuk wilayah yang memiliki RESIKO RENDAH untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 6 September 2020)
 Alamat 
Jl.Alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka, Karyamukti, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43215, Indonesia
 Rating  
4.5
(2.406)24065

Situs Gunung Padang adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Terletak di Jl.Alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka, Karyamukti, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43215, Indonesia sekitar ±43.27 Km dari Kantor Bupati Cianjur.

Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasi dapat dicapai 20 kilometer dari persimpangan kota kecamatan Warungkondang, dijalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Luas kompleks utamanya kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

Lokasi situs berbukit-bukit curam dan sulit dijangkau. Kompleksnya memanjang, menutupi permukaan sebuah bukit yang dibatasi oleh jejeran batu andesit besar berbentuk persegi. Situs itu dikelilingi oleh lembah-lembah yang sangat dalam. Tempat ini sebelumnya memang telah dikeramatkan oleh warga setempat. Penduduk menganggapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi, raja Sunda, berusaha membangun istana dalam semalam.

 

Sumber: wikipedia




Loading interface...

Belum ada ulasan



Loading interface...