• 15+

Pura Ulun Danu Batur

Kabupaten Bangli, Bali

Status Covid-19
Kabupaten Bangli termasuk wilayah yang memiliki RESIKO RENDAH untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 16 Januari 2022)
Alamat
Jl. Kintamani, Batur Selatan, Kintamani, Batur Sel., Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652, Indonesia(Buka di Google Maps)
Rating
174805
4.4(1.748 ulasan)

Pura Ulun Danu Batur adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Terletak di Jl. Kintamani, Batur Selatan, Kintamani, Batur Sel., Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652, Indonesia sekitar ±5.20 Km dari Kantor Bupati Bangli.

Pura Ulun Danu Batur (juga dikenal sebagai "Pura Batur" atau "Pura Ulun Danu") adalah Pura yang terletak di pulau Bali, Indonesia . Sebagai salah satu Pura Kahyangan Jagat, Pura Ulun Danu Batur adalah salah satu dari pura terpenting di Bali yang bertindak sebagai pemelihara harmoni dan stabilitas seluruh pulau. Pura Ulun Danu Batur mewakili arah Utara dan didedikasikan untuk dewa Wisnu dan dewi lokal Dewi Danu, dewi Danau Batur, danau terbesar di Bali. Setelah hancurnya kompleks pura yang asli, pura tersebut dipindahkan dan dibangun kembali pada tahun 1926.

 

Pura Batur atau Pura Ulun Danu pertama kali didirikan pada abad ke-17. Pura ini didedikasikan untuk dewa Wisnu dan untuk dewi danau Dewi Danu. Danau Batur, danau terbesar di Bali, dianggap paling penting di pulau Bali sebagai sumber air utama untuk kegiatan pertanian di Bali. Kata 'Pura' berarti "Pura atau Kuil", sedangkan dua kata ulun ("kepala" atau "sumber") dan danu ("danau", merujuk ke Danau Batur) diterjemahkan sebagai "sumber danau"; dan dengan demikian nama Pura secara harfiah berarti "Pura Sumber Danau". Kata 'batur', setelah desa Batur di mana Pura itu berada, berarti "murni" atau "bersih secara spiritual". Definisi Pura Ulun Danu menggambarkan pentingnya air bagi kemakmuran penduduk desa Batur dan bagi seluruh komunitas Hindu di Bali, terutama dalam mengairi sawah di pulau Bali.

Pura Batur terdiri dari sembilan pura yang berbeda, berisi total 285 tempat suci dan paviliun yang didedikasikan untuk para dewa dan dewi air, pertanian, mata air suci, seni, kerajinan, dan banyak lagi. Pura Penataran Agung Batur, candi utama, memiliki lima halaman utama. Kuil yang paling dominan adalah meru 11 tingkat yang terletak di halaman dalam dan paling sakral, tiga meru 9 tingkat yang didedikasikan untuk Gunung Batur, Gunung Abang, dan Ida Batara Dalem Waturenggong, raja dewa dari Gelgel dinasti yang memerintah dari 1460 hingga 1550. Delapan pura lainnya adalah Pura Jati Penataran, Pura Tirta Bungkah, Pura Taman Sari, Pura Tirta Mas Mampeh, Pura Sampian Wangi, Pura Gunarali, Pura Padang Sila, dan Pura Tuluk Biyu.

Pura Penataran Agung Batur, dibagi menjadi tiga wilayah: bagian luar pura (jaba pisan atau nistaning mandala), bagian tengah (jaba tengah atau madya mandala), dan bagian utama (jero atau utamaning mandala).

Kuil utama Pura Ulun Danu Batur terletak di tempat suci ('jero' '). Kuil utama adalah meru yang terdiri dari 11 tingkat yang didedikasikan untuk Siwa dan pendampingnya Parvati.

 

Sumber: Wikipedia





Belum ada ulasan