• 15+

Obyek Wisata Cibulan

Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Status Covid-19
Kabupaten Kuningan termasuk wilayah yang memiliki RESIKO SEDANG untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 27 September 2020)
 Alamat 
Maniskidul, Jalaksana, Kuningan Regency, West Java 45554, Indonesia
 Rating  
4.1
(6.219)62195

Obyek Wisata Cibulan adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Terletak di Maniskidul, Jalaksana, Kuningan Regency, West Java 45554, Indonesia sekitar ±14.70 Km dari Kantor Bupati Kuningan.

Cibulan adalah objek wisata pemandian air dingin di wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Objek wisata Cibulan merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kuningan. Objek wisata ini diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu, yaitu R.A.A. Mohamand Achmad.

Sebagai catatan, selain di Cibulan, ada tiga tempat rekreasi serupa di Kuningan, yaitu: Kolam Linggarjati di kompleks Taman Linggarjati Indah, Kecamatan Cilimus; Kolam Cigugur, di Kecamatan Cigugur; dan Kolam Darma Loka di Kecamatan Darma.

Menurut cerita yang berkembang di kalangan Masyarakat Desa Maniskidul dan masyarakat Kuningan pada umumnya, ikan dewa yang ada di kolam Cibulan ini konon dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Singkat cerita, prajurit-prajurit pembangkang ini kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi sehingga menjadi ikan. Konon ikan-ikan dewa dari dulu sampai sekarang tidak bertambah. Jika kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang entah kemana, namun saat kolam memenuhi udara, mereka akan kembali lagi dengan jumlah seperti semula. Sebaliknya, benar-benar tidak cocok, tidak ada yang berani mengambil ikan ini karena ada yang mempercayai siapa pun yang berjuang ikan-ikan yang akan mendapatkan kemalangan.

 

Sumber: Wikipedia




Loading interface...

Belum ada ulasan



Loading interface...