• 15+

Museum Zoologi Bogor

Kota Bogor, Jawa Barat

Status Covid-19
Kota Bogor termasuk wilayah yang memiliki RESIKO SEDANG untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 27 September 2020)
 Alamat 
Kebun Raya Bogor, Jl. Ir. H. Djuanda No. 13, Paledang, Bogor Tengah, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16911, Indonesia
 Rating  
4.5
(4.221)42215

Museum Zoologi Bogor adalah salah satu tempat wisata di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Terletak di Kebun Raya Bogor, Jl. Ir. H. Djuanda No. 13, Paledang, Bogor Tengah, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16911, Indonesia sekitar ±1.24 Km dari Kantor Walikota Bogor.

Museum Zoologi Bogor adalah museum yang terletak di Bogor, memiliki koleksi yang berkaitan dengan dunia satwa seperti berbagai spesimen yang diawetkan maupun fosil hewan. Museum ini terbagi menjadi dua, salah satunya dibuka setiap hari untuk umum yang berisi ruang pameran terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, museum yang satu lagi berfungsi sebagai tempat koleksi dan hanya dibuka untuk umum setahun sekali pada bulan Oktober, berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong tepatnya di Jalan Raya Jakarta - Bogor Km.46 Cibinong, Bogor. Kedua bagian museum ini dikelola oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi-LIPI. 

Awal berdirinya Museum Zoologi Bogor merupakan laboratorium zoologi dengan nama Landbouw Zoologisch Laboratorium yang didirikan pada tanggal 23 Agustus 1894 gagasan dari J. C. Koningsberger ahli botani berkebangsaan Belanda, laboratorium ini didirikan sebagai sarana penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan zoologi. Pada tahun 1906 namanya berubah menjadi Zoologisch Museum and Wekplaats, pada tahun 1910 kemudian berubah lagi menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium. Antara tahun 1945-1947 tempat ini dikenal dengan nama Museum Zoologicum Bogoriense, dan akhirnya sampai sekarang menjadi Museum Zoologi Bogor. Tempat koleksi museum ini memiliki 24 ruangan koleksi dan baru ditempati pada 1997, dengan pembangunan yang didanai dari dana hibah Bank Dunia dan Jepang. Koleksi ilmiah yang dimiliki museum ini meliputi kategori antara lain: mamalia, ikan, burung, reptil dan amphibi, moluska, serangga, dan invertebrata lain yang bukan moluska dan serangga.

 

Sumber: Wikipedia




Loading interface...

Belum ada ulasan



Loading interface...