• 14+

Museum Wisma Karya Subang

Kabupaten Subang, Jawa Barat

Status Covid-19
Kabupaten Subang termasuk wilayah yang memiliki RESIKO RENDAH untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 18 Oktober 2020)
 Alamat 
Jalan Ade Irma Suryani Nasution No. 2, Karanganyar, Subang, Cigadung, Kecamatan Subang, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211, Indonesia
 Rating  
4.3
(1.395)13955

Museum Wisma Karya Subang adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Terletak di Jalan Ade Irma Suryani Nasution No. 2, Karanganyar, Subang, Cigadung, Kecamatan Subang, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211, Indonesia sekitar ±24.70 Km dari Kantor Bupati Subang.

Di dalam ruang pamer museum, tepatnya di sisi barat gedung Wisma Karya berbagai koleksi di tata apik dalam beberapa etalase. Subang zaman purba dapat di telusuri dari koleksi fosil hewan dan kayu zaman purba yang di simpan dalam 2 etalase. Diantaranya terdapat fosil kepala kijang purba, fosil kerang purba, fosil kayu purba, dan lain –lain.

Kehidupan manusia zaman pra sejarah di Kabupaten Subang juga dapat di telusuri disini. Pada beberapa etalase ditata peralatan yang digunakan manusia pra sejarah yang di temukan di kabupaten Subang, diantaranya adalah peninggalan pada masa perundagian atau masa dimana manusia mulai bisa mengolah logam, yaitu dengan ditemukannya berbagai jenis kapak, seperti kapak sepatu, kapak corong dan candrasa hasil temuan dari daerah Binong. Selain itu bejana perunggu yang terbesar yang pernah di temukan di Indonesia juga terdapat disini, bejana yang biasa digunakan untuk upacara penyembahan nenek moyang ini di temukan di daerah Sagalaherang.  

Sejak zaman dahulu ternyata wilayah Subang sudah menjalin hubungan dengan dunia luar, hal ini tampak dengan ditemukannya berbagai perhiasan dan peralatan yang berasal dari luar negeri, seperti beragam keramik dari China dan Thailand. Penyebaran agama Hindu – Budha di Subang dapat ditelusuri dari berbagai peninggalan seperti patung nandi (lembu) hasil temuan di Cipancar, Sagalaherang, patung Dewa Siwa (Maitreya) yang ditemukan di Patok Beusi dan berbagai peralatan dari logam / kuningan yang biasanya digunakan pada masa Hindu – Budha.

 

Sumber: kotasubang.com




Loading interface...

Belum ada ulasan



Loading interface...