• 15+

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Kabupaten Karawang, Jawa Barat

Status Covid-19
Kabupaten Karawang termasuk wilayah yang memiliki RESIKO RENDAH untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 29 Agustus 2021)
Alamat
Jl. Raya Tugu Proklamasi, R.Dengklok Sel., Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41352, Indonesia(Buka di Google Maps)
Rating
171705
4.1(1.717 ulasan)

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Terletak di Jl. Raya Tugu Proklamasi, R.Dengklok Sel., Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41352, Indonesia sekitar ±19.06 Km dari Kantor Bupati Karawang.

Lokasi monumen ini sekitar 20 kilometer dari pusat kota Karawang. Lokasinya dekat dengan Tugu Proklamasi Rengasdengklok dan Rumah Djiauw Kie Siong, tempat singgah Soekarno-Hatta saat diamankan kaum muda di Rengsdebgklok. Empat bulatan seperti telur di samping bulatan besar itu mewakili empat penjuru mata angin.

Sementara tangan kiri mengepal itu melambangkan tekad para pejuang untuk menyatakan kemerdekaan Indonesia. Di bagian depan penyangga bulatan bertuliskan 17 Aug 1945 itu juga bertuliskan Naskah Proklamasi. Di sisi belakang monumen terdapat relief yang menggambarkan perjalanan Proklamasi. Misal relief yang menggambarkan dibawanya Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok, gejolak 16 Agustus 1945 di Rengsdengklok.  Hingga Proklamasi Kemerdekaan RI dikumandangkan pada 17 Agustus 1945 di Jakarta.

 

Sumber: regional.kompas.com





Belum ada ulasan