• 15+

Masjid Raya At Taqwa Cirebon

Kota Cirebon, Jawa Barat

Status Covid-19
Kota Cirebon termasuk wilayah yang memiliki RESIKO SEDANG untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 2 Mei 2021)
 Alamat 
Nomor. 2, Jalan Kartini, Kebonbaru, Kejaksan, Kebonbaru, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45121, Indonesia
 Rating  
4.8
(6.254)62545

Masjid Raya At Taqwa Cirebon adalah salah satu tempat wisata di Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Terletak di Nomor. 2, Jalan Kartini, Kebonbaru, Kejaksan, Kebonbaru, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45121, Indonesia sekitar ±2.53 Km dari Kantor Walikota Cirebon.

Masjid Raya at-Taqwa Kota Cirebon adalah masjid besar di Kota Cirebon, Jawa Barat. Didirikan pada tahun 1918 di suatu kampung yang bernama Kejaksan, yang terdiri dari dua bagian, yang satu untuk dipergunakan sebagai Tajug Agung (Masjid At Taqwa sekarang) dan setengah bagian yang lain dipergunakan sebagai alun-alun (Alun-alun Kejaksan sekarang). Pada tahun ini juga Jalan RA. Kartini merupakan Jalan Kereta Api menuju ke Pelabuhan Cirebon yang kemudian dipindahkan ke Jalan KS Tubun.

Nama masjid Raya At-Taqwa Cirebon, semula sebenarnya adalah Tajug Agung[butuh rujukan], bangunannya sudah cukup lama dan tua, ruangannya terlalu kecil dan letaknya kurang menghadap kiblat, kemudian R. M. Arhatha, kepala Koordinator Urusan Agama Cirebon mempunyai gagasan untuk merenovasi Tajug Agung itu di tempat yang lama dengan mengambil nama Masjid At-Taqwa, karena sudah ada masjid agung yang terletak di kasepuhan yang sekarang menjadi Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Seolah-olah pada waktu itu tidak dibenarkan dua nama yang sama pada dua masjid yang letaknya masih dalam satu kota, yaitu Tajug Agung dan Masjid Agung.

Akhirnya pada tahun 1951 terwujudlah bangunan masjid tersebut dan diresmikan menjadi At Taqwa tahun 1963

 

Sumber: Wikipedia




Loading interface...

Belum ada ulasan



Loading interface...