• 15+

Masjid Agung Demak

Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Status Covid-19
Kabupaten Demak termasuk wilayah yang memiliki RESIKO SEDANG untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 6 September 2020)
 Alamat 
Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59511, Indonesia
 Rating  
4.7
(11.591)115915

Masjid Agung Demak adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. Terletak di Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59511, Indonesia sekitar ±4.43 Km dari Kantor Bupati Demak.

Masjid Agung Demak adalah salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Masjid ini terletak di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Masjid ini dipercayai pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama (wali) yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa yang disebut dengan Walisongo. Pendiri masjid ini diperkirakan adalah Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak sekitar abad ke-15 Masehi.

Raden Patah bersama Wali Songo mendirikan masjid yang karismatik ini dengan memberi gambar serupa bulus. Ini merupakan candra sengkala memet, dengan arti Sarira Sunyi Kiblating Gusti yang bermakna tahun 1401 Saka. Gambar bulus terdiri atas kepala yang berarti angka 1 (satu), 4 kaki berarti angka 4 (empat), badan bulus berarti angka 0 (nol), ekor bulus berarti angka 1 (satu). Dari simbol ini diperkirakan Masjid Agung Demak berdiri pada tahun 1401 Saka. Masjid ini didirikan pada tanggal 1 Shofar.

 

Sumber: Wikipedia




Loading interface...

Belum ada ulasan



Loading interface...