• 5+

Air Terjun Lembah Anai

Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat

Status Covid-19
Kabupaten Tanah Datar termasuk wilayah yang memiliki RESIKO SEDANG untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 15 November 2020)
 Alamat 
Singgalang, Sepuluh Koto, Tanah Datar Regency, West Sumatra 27282, Indonesia
 Rating  
4.4
(2.662)26625

Air Terjun Lembah Anai adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Terletak di Singgalang, Sepuluh Koto, Tanah Datar Regency, West Sumatra 27282, Indonesia sekitar ±26.25 Km dari Kantor Bupati Tanah Datar.

Air Terjun Lembah Anai (dikenal pula Air Mancur, ejaan lama: Ajer Mantjoer) adalah sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Air terjun setinggi sekira 35 meter ini berada tepat di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi di kaki Gunung Singgalang. Air Terjun Lembah Anai merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah, anak Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang di ketinggian 400 Mdpl. Air terjun ini terletak di batas barat kawasan Cagar Alam Lembah Anai sehingga suasana masih alami dengan hutan lebat serta pepohonan rimbun. Disekitar air terjun pun terdapat monyet yang yang berkeliaran. Pada saat liburan, air terjun ini dikunjungi oleh ratusan pengunjung. Keindahannya membuat Air Terjun Lembah Anai menjadi icon pariwisata Provinsi Sumatra Barat.

Airnya yang jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, lalu mengalir terus melewati hutan Gunung Singgalang sebelum sampai di tepi tebing yang curam. Dari tebing ini, aliran air kemudian terjun ke dasar lembah Anai dan membentuk kolam tempat air berkumpul. Air terjun yang berkabut air membentuk gugusan indah yang berwarna-warni ketika disinari oleh cahaya mentari. Debit airnya cukup deras dan stabil di musim penghujan namun akan sangat deras saat hujan lebat turun. Tak jarang air terjun ini akan mengalami banjir dan airnya meluap ke jalan raya.

Air Terjun Lembah Anai berada tepat di pinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi. Untuk mencapai tempat tersebut dari Kota Padang bisa ditempuh perjalanan selama lebih-kurang satu jam menggunakan angkutan umum, kendaraan pribadi atau kereta api pariwisata. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan, di tempat wisata air terjun Lembah Anai ini menyediakan areal parkir yang cukup luas.

 

Sumber: Wikipedia




Loading interface...

Belum ada ulasan



Loading interface...