• 15+

Danau Kaolin Belitung

Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung

Status Covid-19
Kabupaten Belitung Timur termasuk wilayah yang memiliki RESIKO SEDANG untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 17 Januari 2021)
 Alamat 
Perawas, Tanjung Pandan, Belitung Regency, Bangka Belitung Islands 33411, Indonesia
 Rating  
4.3
(2.172)21725

Danau Kaolin Belitung adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Terletak di Perawas, Tanjung Pandan, Belitung Regency, Bangka Belitung Islands 33411, Indonesia sekitar ±53.17 Km dari Kantor Bupati Belitung Timur.

Danau Kaolin memiliki sebutan lain yaitu Danau Biru karena keindahan warna airnya yang biru dan berkilauan. Warna terang ini begitu kontras dengan dataran berwarna putih di sekitarnya, sehingga menghasilkan pemandangan yang mengagumkan. Kawasan Danau Kaolin sangat luas, kamu bisa menemukan beberapa spot terbaik untuk menyaksikannya dari sudut pandang yang berbeda-beda.

Selain area danau paling besar dan area cerukan-cerukan kecil, terdapat gunungan sisa tambang kaolin. Tumpukan kaolin tersebut berwarna putih bersih dan sebagian berbentuk menyerupai bukit salju.

Lokasi danau ini cukup mudah ditemukan, karena masih dekat dengan pusat Kota Tanjung Pandan. Tepatnya di Desa Air Raya Tanjung Pandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Berkunjung ke Danau Kaolin tidak dipungut biaya masuk, karena kawasan ini belum dikelola secara profesional.

Danau Kaolin tak berasal dari kawah gunung secara alami, melainkan bekas area pertambangan kaolin. Kaolin merupakan jenis mineral yang kerap digunakan dalam industri pasta gigi, kertas, kosmetik sampai makanan.

Sebagaimana kawasan tambang, kamu bisa melihat dengan jelas ceruk-ceruk akibat penggalian. Namun, cekungan berisi air biru inilah yang membuatnya tampak jadi lebih indah.

Daya tarik utama Danau Kaolin tentu saja keindahan tempatnya. Tidak heran kalau banyak orang datang hanya untuk sekadar menikmati pemandangan dan mengambil foto. Danau Kaolin sudah terkenal di kalangan fotografer sebagai salah satu tempat yang sempurna untuk berburu sunrise ataupun sunset.  

Di sekitar danau, kamu bisa menemukan pedagang makanan dan minuman. Jadi tidak perlu khawatir kalau kamu sudah merasa lapar dan haus.




Loading interface...

Belum ada ulasan



Loading interface...