• 5+

Candi Arjuna

Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Status Covid-19
Kabupaten Wonosobo termasuk wilayah yang memiliki RESIKO TINGGI untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 18 Oktober 2020)
 Alamat 
Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456, Indonesia
 Rating  
4.5
(6.950)69505

Candi Arjuna adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Terletak di Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456, Indonesia sekitar ±17.59 Km dari Kantor Bupati Wonosobo.

Candi Arjuna adalah sebuah bangunan candi Hindu yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia.

Candi Arjuna merupakan salah satu bangunan candi di Kompleks Percandian Arjuna, Dieng. Candi Arjuna diperkirakan sebagai candi tertua, candi ini diperkirakan dibangun pada abad 8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno. Di kompleks ini juga terdapat Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Candi Arjuna terletak paling utara dari deretan percandian di kompleks tersebut. Sementara itu, Candi Semar adalah candi perwara atau pelengkap dari Candi Arjuna. Kedua bangunan candi ini saling berhadapan.

Seperti umumnya candi-candi di Dieng, masyarakat memberikan nama tokoh pewayangan Mahabarata sebagai nama candi.

Candi Arjuna menghadap ke Barat, di mana terdapat tangga menuju pintu masuk candi yang berada di bagian barat candi. Terdapat delapan anak tangga menuju bagian pintu candi di mana di bagian pinggir tangga terdapat penil dengan ujung berkepala naga. Bagian pintu candi terdapat bilik penampil selebar satu meter. Di atas pintu terdapat ukiran kalamakara. Dan di bagian atap dari ruang penampil berbentuk lancip seperti rumah limasan pada umumnya.

 

Sumber: Wikipedia




Loading interface...

Belum ada ulasan



Loading interface...