• 14+

Bledug Kuwu

Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

Status Covid-19
Kabupaten Grobogan termasuk wilayah yang memiliki RESIKO SEDANG untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 13 September 2020)
 Alamat 
jl wirosari-kuwu, Area Sawah, Kuwu, Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58182, Indonesia
 Rating  
4
(1.293)12935

Bledug Kuwu adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Terletak di jl wirosari-kuwu, Area Sawah, Kuwu, Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58182, Indonesia sekitar ±19.35 Km dari Kantor Bupati Grobogan.

Bledug Kuwu adalah gunung api lumpur (mud volcano) yang terletak di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Tempat ini berjarak kurang lebih 28 km ke arah timur dari kota Purwodadi. Bledug Kuwu merupakan salah satu objek wisata andalan di daerah ini selain sumber api abadi Mrapen, dan Waduk Kedungombo. Hal yang menarik wisatawan untuk datang menyaksikan bledug ini adalah letupan-letupan lumpur yang mengandung garam dan berlangsung terus-menerus secara berkala, kira-kira setiap 2 atau 3 menit.

Secara geologi, kawah lumpur Kuwu, sebagaimana kawah lumpur lainnya, adalah aktivitas pelepasan gas dari dalam teras bumi. Gas ini biasanya adalah metana. Kuwu adalah satu-satunya yang berlokasi di Jawa Tengah. Letupan-letupan lumpur yang terjadi biasanya membawa pula larutan kaya mineral dari bagian bawah lumpur ke atas. Banjir lumpur panas Sidoarjo juga diakibatkan oleh kawah lumpur, meskipun untuk yang terakhir ini tingkat aktivitasnya lebih tinggi.

Lumpur dari kawah ini airnya mengandung garam, oleh masyarakat setempat dimanfaatkan untuk dipakai sebagai bahan pembuat garam bleng secara tradisional. Caranya adalah dengan menampung air dari bledug itu ke dalam glagah (batang bambu yang dibelah menjadi dua), lalu dikeringkan.

 

Sumber: Wikipedia




Loading interface...

Belum ada ulasan



Loading interface...