Tempat Wisata Terbaru dan Terpopuler di Indonesia 2021

Taman Candra Wilwatikta

Kota Pasuruan, Jawa Timur

Status Covid-19
Kota Pasuruan termasuk wilayah yang memiliki RESIKO RENDAH untuk kasus penularan Covid-19 berdasarkan data dari covid-19.go.id. (Data per 31 Juli 2022)
Alamat
Sumber Gedang, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur 67156, Indonesia (Buka di Google Maps)
Rating
4.3 (1.460 ulasan) Taman Candra Wilwatikta - Jawa Timur 1460

Taman Candra Wilwatikta Pandaan, sebuah taman budaya yang telah dikenal dengan pagelaran Sendra tarinya, dengan taman seluas 12,3 hektare yang diyakini sebagai petilasan Majapahit berada di tepi Jalan Raya Tretes Pandaan dibangun pada 28 Oktober 1963 oleh Kolonel M. Wijono, Gubernur Jawa Timur saat itu bersama Mayor M. Said, dan Ibu Dar Mortir.

Visi utamanya untuk menegakkan dan mengembangkan kepribadian budaya nasional serta kepariwisataan dengan semangat gotong royong. Sehingga mempunyai misi untuk menyediakan dan menyelenggarakan sarana dan kegiatan bagi berkembangan budaya nasional dan kepariwisataan secara mandiri.

Taman Candra Wilwatikta Pandaan dilengkapi fasilitas Panggung Terbuka dengan latar belakang Gunung Penanggungan yang mampu menampung pengunjung sebanyak 15 ribu orang. Panggung Terbuka ini merupakan satu-satunya di Jawa Timur,  

Taman Candra Wilwatikta Pandaan juga dilengkapi fasilitas pendapa (hall) dengan kapasitas 500 orang, ruang rapat R. Wijaya dengan kapasitas 100 orang, ruang pamer, serta villa sebanyak 14 unit, dan paviliun dengan kapasitas 150 orang. Disamping itu juga masih tersedia lahan seluas 5 hektar, untuk lapangan, dan lahan terbuka.

Lokasi Taman Candra Wilwatikta Pandaan juga sangat strategis, berada di tepi Jalan Raya Tretes dengan ketinggian 300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dengan akses Taman Safari Indonesia, Candi Jawi, Tretes, Trawas, dan pemandian Jolotundo maupujn beberapa lokasi pembudi daya anggrek.

 

Sumber: pasuruankab.go.id